Part2 [ChalkBoard] “Brendan Rodgers’ Tactic”

Tulisan ini lanjutan dari tulisan part1 dan kali ini kami akan membahas part ke duanya.

 

Here We Go!

 

Ini sebenarnya pola formasi lama Liverpool. Pernah dipake jaman nya Rafa. Ketika Liverpool menang Champions League tahun 2005 Liverpool make taktik ini. Mungkin udah bisa kebayang dari sekilas ngeliat chalkboard diatas formasi ini itu formasi apa. Yap! Formasi yang lagi ngetrend yang memasang striker bayangan / striker palsu / apalah itu “False Nine”!

 

Mari kita bahas secara detail.

 

Purple:

Disitu ada buletan warna ungu. Iya, disitu posisi pemain yang disebut false nine. Kok dua? Gak masalah lah. Biasanya Striker palsu ini dipakai untuk menghadapi tim yang sudah tau taktik tim dan akan bermain aman / defense / parkir bus, kapal, pesawat sampe gelar pasar kaget biar pemain lawan susah lewat. Caranya bikin peluang gimana? Ya, false nine ini. Dia tau akan di marking dengan ketat maka dari itu striker palsu ini akan bergerak mundur dan pindah pindah posisi gak jelas biar defensive line lawan maju perlahan dan ada ruang untuk membuat peluang. Setelah pemain ini berhasil memancing pemain lawan untuk mengikuti pergerakan mereka, disinilah fungsi nya pemain yang berwarna kuning di Chalkboard. Dia akan berlari dari pinggir lapangan dan pemain lawan akan langsung marking mereka dan posisi false nine ini akan berkamuflase sebagai goal poacher. Jaman nya Rafa dulu yang bertugas sebagai pemain yang berwarna ungu itu adalah Baros dengan Luis Garcia/ Harry Kewell.

 

Yellow:

Disini ada 4 pemain yang saya kasih warna kuning. 2 attacking fullback sama 2 winger. Lanjutan dari yang diatas pemain ini nanti yang akan memulai penyerangan setelah false nine berhasil menipu bek lawan yang tadi nya ngumpul kaya orang lagi jualan di pasar kaget. Selain mereka memulai penyerangan dari sisi sayap mereka bisa juga menjadi goal poacher dari posisi yang berada di tiang jauh kaya yang sering dilakuin Maxi, Kuyt, Bellamy, Downing kalo nyetak goal. Sorry nama terkahir ketulis soalnya dulu Downing kaya begitu kalo bikin goal pas dia masih di Aston Villa. Masih inget dulu Riise di sisi kiri lari dan menghajar semua lawan dengan duel lari nya dia? Lalu passing jauh yang siap diselesaikan oleh Garcia, Baros / Kewell? Kira kira seperti itulah posisi pemain ini.

 

Red:

3 warna merah di posisi belakang (kiper dan 2 bek tengah) sebenernya fungsi nya biasa saja. Yang menarik disini adalah 2 posisi di tengah, sengaja tidak dikasih garis pergerakan mereka karena 2 pemain ini akan bergerak bebas yang bergerak selalu mendekati pemain yang lagi membawa bola. Fungsinya? Ya sebagai pemain pantul, atau pemain yang dioper yang nantinya akan mengoper kembali entah itu ke pemain yang tadi ngoper (passing one-two) atau ke pemain lain. Pemain ini juga sebagai perantara untuk mengoper ke pemain yang berwarna kuning. 2 pemain ini harus memiliki passing bagus, cepat membaca ruang kosong sama tidak egois. Egois? iya karena posisi ini bisa fatal kalo gagal. Ingat Inggris ketika Lampard – Gerrard di tengah? Hasilnya? Gagal. Karena ketika salah satu pemain sedang bergerak membantu pemain lain, pemain yang satu nya lagi malah mencari posisi / membantu penyerangan. Efeknya? Kacau ketika counter attack. Karena posisi tengah kosong melompong.

Conclusion:

Memakai taktik ini para pemain ini harus bergerak cepat untuk membuka ruang. Karena sedikit saja celah untuk passing ke winger itu sangat berarti. Sulit untuk menyerang kembali ketika bek lawan sudah kembali ke posisi mereka. Belajar dari pengalaman musim lalu, ketika melawan tim dengan strategi bertahan seperti Stoke, Liverpool seperti orang nyasar yang bingung mau kemana, kesana jalan buntu, kesini jalan buntu.

 

 

YNWA!

@LFC_Hardline

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s