Part3 [ChalkBoard] “Brendan Rodgers’ Tactic”

Okay, Final! Ini part terakhir tulisan kami tentang prediksi kami soal taktik apa saja yang akan dipakai Brendan Rodgers musim depan. Lanjutan dari tulisan Part1 dan Part2. Buat yang bingung kenapa gak dibahas soal Formasi 4-5-1 yang sering pakai oleh Rodgers, alasan nya adalah karena sudah banyak yang yang bahas soal itu. Untuk recommended site yang bahas soal itu bisa dicek disini.

 

Here We Go!

 

Pusing? Iya mungkin bisa dibilang ini formasi yang bikin saya bingung buat bikin garis garis pergerakan pemain nya. Karena, formasi ini memberikan kebebasan semua pemain untuk bergerak, melakukan rotasi dan bertukar posisi.

 

Lets talk more detail.

 

 Purple:

Tiga striker depan yang akan muter muter untuk bertukar posisi agar bisa menciptakan ruang gerak yang lebih banyak. Posisi tiga pemain ini tidak berada di kotak penalti seperti akan halnya posisi murni seorang striker yang tugas nya finishing. Mereka akan bergerak di jarak 25m dari gawang lawan. Fungsi nya? Bisa melakukan passing passing pendek dengan pemain tengah (berwarna hitam) dan juga menunggu overlapping dari wing back (warna merah yang ada garis panjang nya). Mungkin sekarang formasi ini identik dengan Barcelona, tapi taktik udah dipakai oleh banyak tim sebelumnya. Formasi ini kita akan melihat pemain yang berwarna ungu dan hitam akan menjadi pemain malas berlari karena akan mengoper ngoper bola di situ situ saja sampe pemain lawan tertidur pulas. Faktanya Lionel Messi di Barcelona akan mulai membawa bola dan menggocek gocek lawan dari jarak kurang lebih 20 meter dari gawang lawan. Di Liverpool? *samakan suara* Suarez! Urusan nya Suarez buat mengobrak abrik pertahanan daerah kotak penalti. Minimal akan ada benturan yang menghasilkan free kick, untung untung dapet penalty.

 

Black:

3 pemain tengah ini berpusat pada satu pemain yang posisi sedikit mundur kebelakang. Membandingkan kembali dengan Barcelona, posisi ini diisi oleh Busquets. Diluar pembicaraan kalau Xavi dan Iniesta adalah pusat permainan Barcelona. Posisi Busquets ini sangat penting dia yang memutuskan untuk mengoper bola ke Xavi/ Iniesta/ Wing Back. Di Liverpool? Ada Lucas Leiva, musim lalu dia boss di lapangan tengah yang mengatur pola permainan Liverpool. Charlie Adam juga di posisi ini. Tapi untuk masalah defense Lucas masih lebih baik dari dirinya. Jadi Lucas lebih tepat untuk mengisi posisi ini. 2 posisi lain akan diisi oleh 2 pemain yang berbeda karakter. Salah satu bisa bergungsi sebagai penggedor menusuk ke daerah penalty lawan / berpindah ke sisi yang lebih lebar (wide playmaker) sementara yang satu nya lagi akan patroli untuk mengantar bola ke pemain yang berdiri bebas / bisa juga melakukan tendangan spekulasi dari luar kotak penalty.

 

Red:

4 pemain bertahan ini berposisi beda. Kecuali 2 wing back, 2 pemain tengah akan melakukan tugas yang penting juga dari umpan umpan pendek di daerah pertahanan salah satu pemain harus bisa bermain overlap untuk membawa bola ketengah dan terkadang berkamuflase menjadi pemain tengah juga. Sementara satu nya lagi menjadi last man defender, walaupun posisi dia sedikit lebih maju dari posisi lazim nya seorang bek tangah. 2 wing back akan menjadi pemain depan ke 4 yang bisa berdiri sejajar dengan para pemain depan untuk melakukan passing. Kunci dari memakai wing back ini adalah pengganti winger. Cara lain jika serangan passing passing pendek di tengah sudah diantisipasi oleh lawan. Wing back disinilah berperan dia akan maju dan melakukan crossing kepemain di depan.

Conclusion:

 

Fungsi dari pergerakan bebas untuk semua pemain tetap memiliki ada batasan nya. Setiap pemain ada batas jarak jelajah nya, tapi ada juga pemain yang memang sudah disengaja untuk tidak ada batasan nya. Pergerakan bebas ini bermaksud untuk menemani setiap pemain setim yang sedang membawa bola untuk membentuk garis garis yang jika dihubungkan akan membentuk segitiga, sehingga oper operan akan terasa lebih mudah dan lawan pun akan bingung untuk marking dan meng-intercept operan.

Contoh gambar diatas menunjukkan pergerakan pemain yang tidak membawa bola akan bertukar tukar posisi dengan tujuan pemain yang sedang membawa bola memiliki opsi lebih banyak akan mengoper bola kemana.

 

YNWA!

IndoGlenjo2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s