WTB: Striker Murah, Berkualitas. Muluk-Muluk? Memang.

Semenjak tim ini ditinggal lelaki yang lebih terlihat seperti perempuan daripada lelaki berkebangsaan Spanyol itu, finishing Liverpool tak pernah bisa dibilang bagus.

Apa yang terjadi? Entahlah. Kenny Dalglish coba menyiasati dengan membeli Andy Carroll, striker jangkung yang harganya lebih mahal dari uang yang dibutuhkan untuk menggelar opening ceremony Olimpiade 2012 yang megah itu gagal bersinar. Mungkin kuncirnya yang membuatnya begitu mahal. Mungkin.

Dipinjamkanlah pemain yang lebih terlihat cantik dari Omas itu ke West Ham. Setelah meminjamkan dan menjual salah 3 (Kuyt, Maxi, Carroll) dari attacking options Liverpool, apa yang dilakukan FSG setelahnya? Hanya membeli Borini dan satu striker muda dari Leverkusen, Samed Yesil. FSG memang baik.

Setelah Borini cedera, hanya Suarez striker yang bermain di first-team. Suarez pun tak terlihat bermain seperti striker. Untuk mencetak satu gol, ia harus sedekah beberapa tendangan meleset terlebih dahulu. Transfer window Januari adalah waktu yang tepat untuk membawa satu striker yang punya finishing setingkat di atas Suarez. Dengan uang yang pasti tak banyak dari FSG, siapakah target-target realistis itu (menurut saya)? Saya tak mau menyebutkan nama Falcao atau Huntelaar di sini, hanya orang bodoh yang berharap mereka dibeli Liverpool.

1. Gary Hooper

Pemain berkebangsaan Inggris ini mungkin tak akan semahal pemain berkebangsaan Inggris lainnya. Apa yang dia tawarkan sebagai striker murah berkualitas? Finishing touch-nya. Dia tak perlu repot-repot menyentuh bola banyak-banyak untuk mencetak gol. Pergerakan tanpa bolanya yang sedikit di atas rata-rata pun selalu membuka ruang untuk temannya juga untuk memudahkannya mencetak gol. Feed him the ball, then let him do magic.

Apa kekurangannya? Sebelum Hooper bermain di Celtic, ia lebih banyak menghabiskan waktu bermainnya di low-tier competition. Bermain bagus di Celtic juga tak bisa jadi tolak ukur ia akan bermain bagus di Liverpool. Tim-tim SPL selain Celtic atau Rangers (sekarang di divisi 3) tak pernah punya kesempatan menyaingi dua tim Old Firm itu. Pertahanan tim-tim SPL lain yang jauh lebih buruk dari pertahanan Chelsea era AVB itu juga memudahkan Hooper mencetak banyak gol.

Tapi dengan kemungkinan harga yang murah dan kontribusinya yang mungkin bagus, kenapa tidak?

2. Alvaro Negredo

Negredo adalah lulusan akademi Real Madrid. Tapi, seperti mayoritas lulusan Castilla, ia tak banyak dapat kesempatan untuk bermain di first team. Dijual ke Almeria, mencetak 13 gol di musim pertamanya, 19 di musim keduanya. Setelah itu dibeli Madrid dengan buy-back option yang ada di kontraknya ke Almeria. Tetap tak bersinar.

Form kesetanannya dimulai di musim keduanya bermain di Sevilla. Mencetak 27 gol, 20 diantaranya dicetak di La Liga. Negredo adalah striker yang tak hanya bagus dalam mencetak gol, tetapi juga bagus dalam mengolah bola di kakinya.

Masalahnya, banyak klub yang tertarik padanya, banyak dari klub itu bermain di Liga Champions. Akan sangat sulit mendapatkannya tanpa bermain di kompetisi Eropa paling prestisius itu.

3. Edin Dzeko

Jika ia bermain sebagai striker reguler di City, saya akan memasukkannya sebagai target para orang-orang yang kehilangan akal sehat. Tapi, sayangnya dengan kemampuan mencetak golnya yang di atas rata-rata itu, ia hanya 4th-choice striker di City. Tak masuk akal memang kualitas pemain yang dibeli Sheikh gila itu.

Tak bermain sebagai striker reguler di City pun ia tak pernah kehilangan ketajamannya. Entah sudah beberapa kali ia menyelamatkan muka City di menit-menit terakhir pertandingan.

Bukti terbaru? 2 golnya melawan West Brom.

Dengan hadirnya Financial Fair Play, mungkin City akan meng-offload Dzeko dengan harga terjangkau untuk mengurangi beban finansial. Tapi dengan persaingan Liga Inggris yang sangat ketat, mungkin City akan enggan menjual pemainnya ke salah satu rival mereka (Psst, saya tak yakin mereka masih menganggap Liverpool sebagai rival.)

 

Sebagai fans Liverpool yang baik dan teladan bagi seluruh umat fans sepakbola lainnya, saya hanya berharap FSG memberikan dana cukup untuk Brendan Rodgers membeli pemain yang dipilihnya. Siapapun itu.

Dan untuk para fans yang kekurangan akal sehat di luar sana, silahkan tetap berharap Liverpool akan membeli Falcao atau Huntelaar. Ah, mungkin Liverpool juga akan membeli Messi! Siapa tahu?

Advertisements

20 responses to “WTB: Striker Murah, Berkualitas. Muluk-Muluk? Memang.

  1. Sebelum memutuskan membeli striker, ada baiknya mencoba young striker yg udah ada.. Adam Morgan atau Yesil mungkin.. Kalo sterling yg seumuran Morgan mentalnya bisa bagus, knp morgan engga? Lagian yg suka ngasi asist ke morgan kan sterling.

  2. kalo pendapat saya sih, sebaiknya Yesil diberi kesempatan.. soalnya dia udah mencetak banyak gol buat negaranya.. kenapa buat tim engga ? 🙂

  3. selain yang diatas, untuk huntelaar? kayaknya dia udah diluar batas umur pembelian menurut aturan FSG, tapi? he’s a proven goal scorer, kadang umur gak jadi batasan, kayak Drogba atau Eto’o. but who knows? langkah Rodgers juga bagus banget untuk gak buru2 masukin Yesil, Morgan atau Ngoo ke first team, bisa2 malah ngebuat mereka jadi terbebani. gaswat. other realistic target, menurut gue, #IMSO Walcott, jika kontraknya mandek sama Arsenal, afterall he is a Liverpool fans. dan, Sturridge, dia udah dikesampingkan banget sejak ada hazard di chelsea, tapi mungkin harganya “spesial 2 karet” karna dia berkebangsaan Inggris. lets hope that we will get a proven goal scorer.
    p.s: would be awesome if we sign jelavic back in King Kennys era.

      • ttg Huntelaar. In my sotoy opinion, dia ex-ajax, yg notabenenya ajax itu “bapak”nya total football, lebih2 lagi masa2 keemasan The Hunter di Ajax itu pas duet sama Suarez dimana Huntelaar jadi topskorer, masalah golin apa ngga ya gak akan ada yg tau bro. tp kalo ternyata golin banyak (amin) gaji mahal? kenapa engga? kan kaya judulnya bro, striker murah muluk2 memang.. emangnya jokol.. #kabur sekali lagi cuma opini doang hehe

  4. Hoperman? masih ngelirik ke pemain enggres? IMO, adapun transfer tengah musim ini nanti yang diperlukan LFC adalah streker “jadi” siap pake, nggak coba2 dan sudah jelas kwalitasnya. Ada nama seperti Huntelar sebagai bomber kelas wahid, mental jelas oke dan pinising cakep. Pemain ini juga udah pernah duet dengan Suarez, soal Dzeko boleh lah walau pasti sulit ngegaetnya, Negredo? secara filosofi sudah paham benar pasti dengan gaya BR, toh di Spanyol nya bersama timnas sibadan besar ini memainkan tiki taka juga toh.

      • Bertalenta? Adam Morgan juga bertalentaaaaa (kagak pake keluar duit kita), sama aja statusnya dengan Hooperman (coba coba pemain). Tapi ada keunggulan dari Morgan, doi sudah main dan didik di tim muda untuk memainkan hal yang sama di level senior LFC. Mungkin bisa menyingkarkan si Hooperman di artikel ini dan memasukan nama Huntelar. Soal murah, Huntelar dengan kwalitas yang dimilikinya sekrang adalah murah (musim panas lalu, pihak Schalke menyebut kalau pemainnya itu memiliki klausul buyout ‘cuma’ senilai 16 juta poundsterling) dan perlu diingat satu lagi, doi top skor liga jerman musim lalu. Oia satu lagi, main di timnas bukanlah jaminan seorang pemain akur bisa memberi kontribusi lebih buat Liverpool, jadi masa bodo pemain timnas atau kagak. Club kita butuh pemain yang bermain sesuai kebutuhan dan kepentingan klub.

      • sunderland mungkin maksudnya 😉
        saya percaya pada gary hooper, meskipun agak pesimis Rodgers lirik dia. atau udah ada berita yang menyatakan scout Liverpool disana?

      • Ah ya betul Sunderland. Thanks mate. Sayangnya rumor tentang Gary Hooper baru ada dari media sampah Talksports. Jadi ya,liat saja. Lagian Rodgers ini paling suka bikin kejutan.

  5. Sebenarnya paling gampang didapatin si Hooper, tp banyak pemain yg bersinar di SPL pindah ke EPL malah jd pemain biasa2 aja. Dzeko sih yg udah punya pengalaman di EPL dan rekor golnya di EPL lumayan bagi pemain yg sering dicadangkan.

  6. Klu yesil, morgan dan ngoo, belum waktunya bermain regular di 1st team. Kasih minute play aja di FA cup n league cup dan sesekali di bench saat liga. Spy mereka jgn sampai layu sblm berkembang.
    Untuk striker baru, ada Llorente, hooper, dzeko, walcott, sturidge, negredo, giuseppe rossi, macheda, alexis sanchez,
    Tpi yg plng realistis : hooper, walcott.
    Apakah ada kejutan ? Kita tunggu saja 🙂

  7. kalo agbonlahor gimana? kayanya cocok tuh ama gaya mainya BR, dia juga bisa maen di sayap. emang sih sekarang jarang ngegolin. tp lumayan eksplosif lah, mirip suarez sepintas maenya ky suarez :p

    gimana kl lisandro lopez? meskipung mungkin faktor liga champions jd penghalang,, masih ada gignac dr marseille.

    kl ga giuseppe rossi juga lumayan, masih 25 tahun juga. habis cedera sih tp bisa murah harganya he

  8. Setelah baca tulisan ini, gue cuma mau bilang, gue berharap LFC beli Huntelaar dan pastinya gue bukan orang bodoh, hehehe…

    Rasanya kesempatan untuk dapat Huntelaar cukup besar. Dia dan Schalke belum sepakat untuk perpanjang kontrak. Reuni dengan Suarez juga bisa jadi salah satu plus point. Dan yang terpenting sih, gimana LFC meyakinkan pemain aja. Kalo semua pake logika dan pesimis duluan, rasanya ga mungkin LFC bisa datengin pemain sekaliber Luis Suarez bukan? So, why’s so pesimistic? That’s bad attitude.

    Keluar duit extra, lumrah, Huntelaar adalah proven goal scorer, sesuatu yang memang sangat dibutuhkan LFC saat ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s