Daniel Sturridge Bisa Apa?

Image

 

£ 12 juta, bukan pemain inti di klub sebelumnya, disebut sebagai calon penyerang andalan timnas Inggris. Daniel Andre Sturridge, produk akademi Manchester City didatangkan dari Chelsea yang disebut-sebut sebagai penyerang yang cepat, punya kaki lincah, dan pergerakan bagus, untuk mengobati ‘penyakit’ lini depan Liverpool yang musim ini banyak bergantung pada Luis ‘El Pistolero’ Suarez (yang mungkin sekarang lebih pantas dijuluki ‘Si Pencium Pergelangan Tangan’ ‘The Kissing-Wrist Man’).

Pria bertinggi 188 cm dan berat 76 kg ini pernah dikabarkan oleh media hanya mau dimainkan di posisi penyerang tengah yang kemudian dibantah oleh Sturridge sendiri bahwa ia bersedia dimainkan di posisi yang lebih melebar sembari merujuk pada pengalaman Henry yang bermain di posisi tersebut semasa di Juventus pada musim 1999/2000. Pada debutnya semalam, Sturridge diberikan kesempatan bermain di posisi favoritnya itu, dan berhasil mencetak satu gol setelah dengan sederhana nan brilian menyelesaikan umpan terobosan Shelvey. Beberapa kali ia juga bermain melebar, memanfaatkan kelincahan dan kecepatan kakinya untuk meneror sisi kiri pertahanan Mansfield.

Dalam pandangan saya, peran sebagai penyerang tengah adalah yang paling tepat untuk Sturridge. Pergerakan tanpa bolanya semalam benar-benar mencerminkan naluri seorang penyerang tengah. Beberapa saat sebelum menerima umpan Shelvey, terlihat ia terjatuh, dan segera setelah melihat Shelvey mendapat bola ia dengan cepat mencari ruang di jantung pertahanan Mansfield. Shelvey melihat pergerakan Sturridge, umpan dilepas, dan dengan tenang Sturridge menaklukkan Marriot, kiper Mansfield. Bandingkan dengan Suarez yang lebih suka menunggu di luar kotak karena sepertinya terlihat lebih suka untuk menaklukkan bek terlebih dahulu sebelum menaklukkan kiper. Bisa dibilang Sturridge adalah ‘Fox in the Box’ sementara  Suarez adalah si belut yang licin.

Tapi, menempatkan Sturridge di posisi yang lebih melebar tak ada salahnya juga. Pada satu momen semalam Sturridge dengan lincah dang cepat berhasil menusuk lewat sisi kiri pertahanan Mansfield dan hampir saja berhasil melepas umpan ke Shelvey yang sudah menunggu di kotak penalti. Melihat performa Suarez yang belum ingin puasa mencetak gol, barangkali Rodgers akan memainkan Sturridge sebagai penyerang sayap sebagai bahan mempelajari bagaimana rasanya menjadi pemain di posisi tersebut serta bagaimana seharusnya pemain di posisi tengah seharusnya bergerak (sebagaimana David Silva dan Eden Hazard dulu bermain di posisi sayap sebelum kemudian berhasil menjadi seorang gelandang serang yang mumpuni karena kemudian mereka memahami peran dua posisi tersebut). Alternatif lain, Sturridge dan Suarez tak perlu diberikan peran kaku. Bebaskan keduanya untuk saling bertukar posisi dan membuat bek lawan kebingungan karena pergerakan dan gaya main keduanya yang berbeda.

Saat sudah matang untuk menjadi penyerang tengah, Rodgers akan punya makin banyak pilihan pola permainan. Sturridge dengan postur 188 cm-nya, kita bisa berharap Downing dan umpan silang akuratnya akan menemukan kembali ‘jodohnya’. Gerrard yang masih saja ‘gatal’ untuk memberi 40 yard ball khasnya tak akan lagi rindu pada Torres untuk sesekali bermain kick and rush. Setidaknya kita bisa berharap Sturridge yang orang asli Inggris sudah cukup faham gaya bermain tradisional Inggris itu.

Punya kaki lincah dan cepat, tubuh yang tinggi dan cukup kekar, dikelilingi pemain seperti Gerrard, Suarez, Downing, dan Johnson serta pelatih yang punya pengalaman menangani pemain muda. Cukup menarik bagaiman Sturridge akan menjawab pertanyaan, “Kamu bisa apa di Liverpool?”

 

© Shesar_Andri, 7 Januari 2013

di rumah saja sambil streaming radio Jepang

Advertisements

One response to “Daniel Sturridge Bisa Apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s