Bagaimana Hukumnya Merayakan Ulang Tahun Liverpool di 15 Maret

Bagaimana hukumnya merayakan ulang tahun Liverpool di 15 Maret?

 

Tulisan ini dimulai dari kebingungan saya tentang hari jadi Liverpool FC. Beberapa tahun yang lalu, 2011 kalo gak salah. Saya merasa terusik dengan perdebatan tentang hal ini. Betapa tidak? Ada sedikit adu argumen yang sempat terjadi antara 2 fans page di facebook (saya masih belum ngenal twitter seperti sekarang) tentang kesepakatan perayaan ulang tahun Liverpool ini. Karena hal itulah, saya kemudian mendatangi benda terpintar di muka bumi ini. Saya mendatangi google! Sesuatu yang luar biasa. Kemudian beliau mengutus saya untuk mengunjungi laman Wikipedia(dot)com.

Di Wikipedia, jelas tertulis bahwa Liverpool memang didirikan pada tanggal 15 Maret 1892 oleh John Houlding setelah sebelumnya memutuskan untuk keluar dari Everton karena berselisih paham dengan komitenya. Bertempat di rumah Houlding, beliau dan rekannya sepakat untuk membentuk sebuah klub baru yang di masa akan datang menjelma menjadi klub yang kita puja bersama-sama.

Berkat informasi inilah, saya menganggap bahwa Liverpool memang berulang tahun pada tanggal 15 Maret. Penasaran ini pun sedikit terjawabkan. Tapi pada kenyataannya, ada teman-teman kita yang merayakan hari jadi Liverpool pada tanggal 3 Juni. Bagi para “sesepuh” liverpoodliant, mungkin tak akan menjadi suatu hal yang membingungkan. Tapi bagi saya, fans-yang-masih-pakai-popok, ini jelas menjadi suatu hal yang sangat menarik.

Rasa penasaran ini masih menyelimuti saya  hingga pada akhirnya google memberi saya pencerahan sekali lagi. Pencerahan itu berupa artikel yang ditulis oleh James Carroll pada 2011 lalu. Berikut petikan artikel tersebut… *jengjengjengjeng*

 

“The Reds were born when John Houlding received a certificate to alter the name of the club residing at Anfield from Everton Football Club and Athletic Grounds Company Limited to Liverpool Football Club and Athletic Grounds Company Limited.

The club had been formed on March 15, 1892 at Houlding’s house on Anfield Road when he and his closest friends left from Everton FC to create a new team.

However, it was not until June 3 that the name Liverpool Football Club and Athletic Grounds Ltd was formally recognised by the Board of Trade, and the club could start to make history.”

 

Artikel di atas menghapus ke-kepo-an saya. Isinya juga sangat mudah diartikan. O iya, artikel tersebut berjudul Happy birthday, Liverpool FC dan diposting pada tanggal 3 Juni 2011. Dengan diterbitkannya artikel tersebut, saya nggak galau lagi hihihihi. Liverpool juga seolah meng-iya kan hari jadinya pada tanggal 3 Juni.

Namun, tak semua orang tersambung dengan internet. Indonesia ini sedang dalam masa pembangunan memang. Hari ini, 15 Maret 2013, beberapa fanspage facebook mengucapkan selamat ulang tahun kepada Liverpool. Sebagai piahak yang sok ngerti kemudian saya mengingatkan mereka dong…. Biar disangka gak karbitan B). Jam setengah 6 tadi saya juga sempat melihat berita olahraga yang bilang kalau hari ini Liverpool genap berusia 121 tahun. Berita tadi dibawakan oleh Asyifa Lathief. Dia itu cantik, masih muda, putih, kayaknya juga pinter duuuuuuhhh.

Tak apalah, mungkin mereka belum tahu. Tidak 100% salah, bila ada yang menganggap Liverpool berdiri pada tanggal 15 Maret 1892 dan baru diakui pada tanggal 3 Juni 1892. Tapi alangkah indahnya bila kita kompak-kompakan merayakan hari jadi Liverpool sesuai dengan apa yang dafatwakan oleh klub. Apapun perbedaan itu, yang penting kita sama-sama menghargai dan menjaga warisan dari Houlding dengan tetap setia mendukung tim ini walau kadang-kadang mbikin kite muak yeeee…..

Koreksi saya bila ada kurangnya, Wassalamu’alaikum… maaf tadi lupa salam :”)

 

@DevanLFC

Leave a Reply

