Tergantung Transfer

Mengawali BPL musim 2012/2013 dengan terseok-seok  setelah hanya mampu mengoleksi 2 poin dari 5 laga awal. Kalah 0-3 dari WBA, ditahan imbang 2-2 oleh Man. City di Anfield, ditaklukan Arsenal 2-0 di Anfield, ditahan imbang oleh sunderland 1-1 dan kembali takluk 2-1 di Anfield oleh Man. Utd. Dan yang terparah, hanya dalam 4 pekan awal liga Inggris, Liverpool telah menciptakan ‘rekor’ terbaru mereka, start terburuk yang pernah dilakoni Liverpool dalam kurun waktu 100 tahun terakhir. Wow!!

Kehadiran Brendan Rodgers di kubu Liverpool belum mampu memberi dampak yang ‘wah’  pada saat itu. Jendela transfer musim panas tahun lalu dimanfaatkan Rodgers untuk menggaet pemain-pemain muda diantaranya Joe Allen, Nuri Sahin(on loan), Fabio Borini, Oussama Assaidi dan Samed Yesil. Mari kita bahas satu-persatu pemain tersebut.

Joe Allen, didatangkan dari swansea seharga £15.000.000 diharapkan mampu menjadi jendral di lini tengah liverpool sebagai seorang anchor man guna mendampingi Lucas yang bermain lebih bertahan di lapangan tengah The Reds. Secara statistik, Allen mampu memenuhi ekspektasi Rodgers ‘di awal’ karir nya berseragam merah merseyside. Namun lambat laun, kualitas permainannya menurun hingga cidera yang memaksanya mangkir ke ruang medis melwood dan menghalangi nya untuk bermain lebih sering guna melakukan adaptasi lebih lanjut bersama Liverpool.

Di datangkan sebagai pemain pinjaman dari Real Madrid, Sahin gagal memenuhi ekspektasi Rodgers untuk menjadi deputi Steaven Gerrard sebagai gelandang serang yang berdiri di belakang seorang alone striker, hingga pada Januari lalu dipulangkan ke Real Madrid.

Muda, berbakat, versatile(mampu bermain di lebih dari satu posisi), dan pernah bekerja sama dengan Rodgers sejak di Chelsea dan Swansea membuat Brendan Rodgers tak ragu memboyong Fabio Borini ke Anfield. Selain dari faktor diatas, tipis nya stok striker Liverpool pada saat itu menajdi pertimbangan lain bagi Rodgers.Namun sayang, Borini gagal memenuhi ambisi The Kop karena berkali-kali di hantam cidera.

Bargain player mungkin menjadi salah satu alasan kenapa memboyong Oussama Assaidi ‘hanya’ dengan £3.000.000 ke Anfield kala itu. Bermain sebagai pemain kunci di SC Heerenveen, Assaidi kesulitan menembus squad utama Liverpool asuhan Rodgers. Hingga musim ini berakhir, Assaidi hanya tampil sekali membela Liverpool di BPL, meskipun ia mampu bermain cukup gemilang kala diturunkan di ajang Europa League.

Bintang muda yang haus gol mungkin cocok untuk mendeskripsikan seorang Samed Yesil. Bagaimana tidak, dia sudah membukukan 31 gol untuk timnas Jerman (level junior –U16,U17,U18,U19-). Yang perlu disadari, pembelian Yesil bukan lah untuk mendongkrak permainan tim senior Liverpool melainkan sebagai investasi jangka panjang.

Dengan adanya fakta-fakta tersebut tentunya wajar jika Liverpool ‘belum’  mampu bermain ‘wah’ bersama Rodgers. Transfer tersebut bukanlah transfer yang buruk, apa lagi jika dibandingkan dengan kebutuhan tim berdasar tiap pemain yang dibeli, harga pemain yang dibeli, dan tentunya keinginan Rodgers untuk mendapatkan mereka, sesuai dengan statement Rodgers yang mengatakan jika ia hanya membeli pemain jika ia membutuhkannya.

Namun, Rodgers berhasil merubah ‘sesuatu’ pada jendela musim dingin lalu dengan kembali merekrut 2 pemain muda sebagai tambahan.

Daniel Sturridge didatangkan dari Chelsea dengan banderol £12.000.000 dan berstatus sebagai pemain muda yang cukup menjanjikan. Kemampuannya yang sebelumnya ‘diragukan’ oleh sederet manajer yang pernah memimpin Chelsea, dia membuktikan kualitasnya bersama Liverpool. Ia mencetak gol pada laga debut melawan Mansfield Town pada ajang FA Cup kala itu. Tak berhenti di situ dia mampu mencetak 10 gol dalam 14 laga pertamanya bersama Liverpool.

Philippe Coutinho pemain yang bernasib hampir sama dengan Sturridge sebagai pemain muda berbakat yang kurang dianggap di klub lama nya menjadi rekrutan ke-7 Rodgers di Liverpool. Meski sempat diragukan karena dianggap tidak memiliki postur serta strength yang sesuai untuk mengarungi kerasnya Liga Inggris ia mampu menunjukan kualitasnya sebagai seorang gelandang kreatif. Ia mampu bermain sangat apik dengan teknik khas Brazil yang dimilikinya yang dilengkapi dengan kecerdasan sebagai seorang penyokong penyerang.

Iyaa, dengan hadirnya 2 pemain tersebut, penampilan Liverpool cenderung membaik dan tampak makin konsisten jika dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya. Sempat dikhawatirkan akan kembali mengalami penurunan akibat sanksi berupa larangan bermain sebanyak 10 pertandingan yang diterima Luis Suarez, Liverpool bersama Rodgers kemudian membuktikan bahwa mereka bukanlah one man team. Daniel Sturridge bermain sangat apik sebagai alone striker menggantikan Suarez, peran Coutinho pun makin menonjol di lini tengah Liverpool dan dibarengi dengan membaiknya performa Jordan Henderson.

Dari semua itu kita tahu, bahwa kunci utama Liverpool dalam masa ‘perbaikan’ ini adalah kebijakan transfer yang baik. Penampilan Liverpool musim mendatang pun akan sangat bergantung pada pemanfaatan jendela transfer musim panas yang sebentar lagi akan dibuka.

Pembelian pemain sesuai kebutuhan dan harga akan menjadi modal bagus bagi Liverpool musim depan. Menurut saya, rekrutan yang dibutuhkan adalah seorang winger berkualitas yang belum berumur, seorang defender left sebagai pelapis Jose Enrique juga diperlukan, mengingat Jack Robbo masih terlalu muda untuk menjadi pelapis. Untuk posisi gelandang tengah, menurut saya, Liverpool sudah punya cukup stok, tinggal bagaimana memaksimalkan pemain muda yang ada. Jika memang perlu membeli seorang gelandang tengah, seorang box to box midfielder seperti Yaya Toure akan menjadi pembelian tepat bagi Liverpool, mengingat hanya Hendo yang bisa bermain bagus dalam role ini.

Mengenai Rumor kepergian pemain seperti Pepe Reina, Luis Suarez, Martin Skrtel dan Oussama Assaidi tidak saya bahas di sini, karena rumor yang belum menjadi fakta tidak bisa dituliskan secara mutlak.

Written by @AndriPudlian
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s