Deteriorasi Lucas Leiva

Image

Dibawa dengan label 5 juta poundsterling di tahun 2007, Lucas datang sebagai salah satu dari Zico, Kaka, dan Alex yang pernah menerima Bola de Ouro (Golden Ball) – sebuah penghargaan yang diberikan kepada pemain terbaik di Campeonato Brasileirao (liga utama sepakbola Brazil). Rafa Benitez selalu yakin akan kemampuan Lucas sehingga pernah membelanya ketika ia kerap tampil buruk di musim 2008-2009 dengan mengatakan, “Orang-orang hanya tidak tahu betapa bagusnya Lucas.” Apakah Rafa benar? Tentu saja. Di akhir musim 2010-2011, ia dianugrahi penghargaan ‘Player of the Season’ versi fans. Juga sebagai pemain dengan tekel terbanyak di 5 liga top Eropa pada musim itu.

Di musim selanjutnya, Lucas tetap mempertahankan high-flying form-nya. Salah satu penampilan terbaiknya adalah ketika ia membumihanguskan Yaya Toure dan David Silva sekaligus di paruh pertama musim tersebut. Seakan tak diizinkan Tuhan untuk bermain bagus dalam periode sekian lama, Lucas ditimpa cedera pada anterior cruciate ligament-nya pada pertandingan melawan Chelsea di piala Liga. Akibatnya? Ia menghabiskan sisa musim di ruang laboratorium dan ruang pemulihan.

Dua musim berikutnya, Lucas belum mampu kembali ke performa tahun 2011-nya. Beberapa kali menunjukkan ia mungkin kembali, tetapi akhirnya kembali tidak memuaskan. Konsistensi yang biasa diharapkan tak kunjung datang. Apa kira-kira yang menyebabkan performa Lucas terjun bebas?

 

Kurangnya Kompetisi Di Posisinya

Apa anda memperhatikan Joe Hart dalam semusim terakhir? Joe Hart bertransformasi dari andalan Manchester City dan timnas Inggris yang tak tergantikan menjadi seorang kiper yang kebobolan oleh gol Fernando Torres. Ya, mimpi buruk seorang kiper bukan duel satu-lawan-satu dengan Zlatan Ibrahimovic, tapi kebobolan oleh Fernando Torres. Hart sejak tahun 2009 memang tak perlu khawatir ketika starting line-up diumumkan oleh Roberto Mancini, ia hampir pasti akan selalu berada di bawah mistar gawang. Ia merasa tak tergantikan, lagipula Man City hanya punya Costel Pantilimon sebagai kiper kedua, dan timnas Inggris memang tak punya kiper lebih baik. Akibatnya? Kebobolan oleh Fernando Torres.

Kasusnya hampir sama dengan kasus Lucas. Siapa yang menggantikan Lucas ketika ia cedera panjang musim 2011-2012? Coba gali dalam-dalam ingatan anda, maka senyuman Jay Spearing akan muncul. Bayangkan, penantang Lucas akan singgasananya hanya Jay Spearing seorang. Jay. Spearing.

Rodgers harus menghubungi chief scout-nya untuk mendapatkan pemain yang dapat memberikan kompetisi berarti untuk Lucas. Atau bisa juga dengan menyewa chief scout tim lain persis seperti Tottenham Hotspur.

 

Belum Sembuh Benar dari Cederanya

Cedera pada anterior cruciate ligament (ACL) terkenal memberikan efek buruk kepada seorang pemain sepakbola walaupun sudah sembuh dari cedera. Ambil contoh Judas cabang Liverpool, Michael Owen. Walaupun kita semua tahu bahwa karirnya habis ketika ia meninggalkan John Lennon Airport untuk berangkat ke Madrid, ACL Owen pernah bermasalah di Piala Dunia 2006 dan seperti yang kita tahu, dia tak pernah kembali ke performa terbaiknya seperti di Liverpool. Saking putus asanya sehingga menjual dirinya ke setan.

Tetapi tentu saja tak semuanya berakhir menyedihkan, Alessandro Del Piero pernah mengalami masalah di ACL-nya pada awal karirnya, tapi tak pernah memberikan masalah berarti pada permainannya. Apakah Lucas seorang Owen jilid II atau Del Piero jilid II itu tergantung kepada Lucas sendiri.

 

Bermain Bersama, err…, Steven Gerrard

Bukannya menyalahkan Steven Gerrard… Mana mungkin Steven Gerrard pembawa wahyu utusan Robbie Fowler disalahkan. Mungkin salah Lucas tak mampu mengimbangi keagungan Steven Gerrard. Mungkin salah Lucas saat Gerrard berjalan-jalan santai di lapangan ketika tak menguasai bola. Mungkin salah Lucas saat Gerrard lupa kembali ke tempatnya menemani Lucas dalam poros ganda. Mungkin salah Lucas saat Gerrard tak kunjung dicadangkan.

Mungkin.

 

Kecanduan Instagram

Maaf. Hanya susah ditahan untuk tak bilang ini.

@RPahlevi0503

Advertisements

2 responses to “Deteriorasi Lucas Leiva

  1. CMIIW, kalau gak salah juga Lucas jadi jago sejak pelatih baru Roy Hodgson beli Poulsen buat jadi dmf, waktu KD menaruh dia dibangku cadangan, dan dia ditawarin buat hengkang. Perlu digituin lagi kayaknya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s